Oleh: usdeldi | Mei 17, 2009

MATERI ANALISIS RASIO LAP.KEU – ALK

ANALISIS RATIO LAPORAN KEUANGAN

  1. Pengertian Analisis Rasio Laporan Keuangan

Rasio keuangan adalah angka yang diperoleh dari hasil perbandingan dari satu pos laporan keuangan dengan pos lainnya yang mempunyai hubungan yang relevan dan signifikan. Misalnya antara utang dan modal, antara kas dan total asset, antara HPP dengan total penjualan dan lain sebagainya.

Rasio keuangan menyederhanakan informasi yang menggambarkan hubungan antara pos tertentu dengan pos lainnya. Dengan penyederhanaan tersebut, kita dapat menilai secara cepat hubungan antara pos tersebut dan membandingkannya dengan rasio lain sehingga dapat diperoleh informasi dan memberikan penilaian.

Rasio juga menggambarkan suatu hubungan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah yang lain dan dengan menggunakan alat analisa berupa rasio maka akan dapat menggambarkan kepada penganalisa tentang baik buruknya posisi keuangan suatu perusahaan.

  1. Keunggulan Analisis Rasio

Analisis rasio memiliki keunggulan dibandingkan dengan teknik analisis lainnya, seperti berikut :

    1. Rasio merupakan angka-angka atau ikhtisar statistik yang lebih mudah dibaca dan ditafsirkan.
    2. Merupakan pengganti yang lebih sederhana dari informasi yang disajikan oleh laporan keuangan
    3. Dapat mengetahui posisi perusahaan di tengah industri lain
    4. Bermanfaat untuk bahan pengambil keputusan dan untuk prediksi
    5. Dapat menstandarisir size / ukuran perusahaan
    6. Dapat memperbandingkan perusahaan dengan lain ataupun melihat perkembangan perusahaan secara periodik
    7. Lebih mudah melihat tren perusahaan untuk masa yang akan datang.
  1. Keterbatasan Analisis Rasio

Disamping keunggulan yang dimiliki analisis rasio, teknik ini juga memiliki beberapa keterbatasan yang harus disadari sewaktu penggunaannya agar kita tidak salah dalam penggunaannya. Adapun keterbatasannya adalah sebagai berikut :

    1. Kesulitan dalam memilih rasio yang tepat untuk kepentingan pemakainya.
    2. Keterbatasan yang melekat pada akuntansi dan laporan keuangan
    3. Kesulitan terhadap data yang tidak tersedia / tidak sinkron
    4. Menimbulkan kesalahan analisis terhadap perbedaan teknik dan standar akuntansi dari perusahaan yang diperbandingkan.
  1. Jenis Analisis Rasio

Sebenarnya banyak sekali jenis rasio yang cocok untuk memahami perusahaan, tapi umumnya rasio yang dikenal dan popular adalah sebagai berikut :

    1. Rasio Likuiditas
    2. Rasio Solvabilitas
    3. Rasio Profitabilitas / Rentabilitas
    4. Rasio Pasar
    5. Rasio Aktivitas

Kelima rasio tersebut ingin melihat prospek dan risiko perusahaan pada masa yang akan datang. Factor prospek dalam rasio tersebut akan mempengaruhi harapan investor terhadap perusahaan pada masa yang akan datang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: